Mulai Pekan Depan Penonton Liga 1 Boleh Datang Ke Stadion

By ommed


nusakini.com - Seri keempat Liga 1 2021/22 yang dilaksanakan di Bali, diperbolehkan dihadiri penonton. Pemerintah Indonesia sudah memberikan izin suporter datang ke stadion kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI.

Hanya saja, tidak semua pertandingan bisa disaksikan langsung oleh penonton di stadion. Setiap pekannya cuma satu laga saja yang diperbolehkan.

Selain itu, maksimal jumlah penonton yang hadir 25 persen dari kapasitas stadion atau paling banyak 5000 ribu orang. Protokol kesehatan ketat juga diterapkan selama berada di stadion.

“Beberapa peraturan yang wajib dipatuhi contohnya penonton harus sudah melakukan tes swab antigen dengan hasil negatif dan sudah masuk dalam aplikasi PeduliLindungi. Penonton dan siapa pun yang bisa masuk ke dalam stadion, harus sudah mendapatkan vaksin dua kali. Tanpa kecuali,” kata direktur utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita.

Lukita menyatakan pihaknya sedang mematangkan sistem dan detail pengaturan penonton. Di antaranya tentang aplikasi yang dipakai, jumlah yang bisa hadir di stadion, sampai dengan pengaturan tempat penonton duduk di dalam stadion.

“Insyaallah pada pekan depan sudah ada penonton dalam pertandingan Liga 1 2021/2022. Tentu dalam jumlah yang terbatas dan penerapan prokes yang ketat," ujarnya.

"Kami meminta dukungan semua pihak agar bisa patuh dan disiplin. Bagaimanapun ini merupakan hajatan kita bersama. Dibutuhkan tanggung jawab dan komitmen bersama untuk bisa memuluskannya," ia menambahkan.

Sementara ketua umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku senang pemerintah mengizinkan penonton datang ke stadion. Ia menegaskan pihaknya dan PT LIB akan mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan.


“Kami selalu patuh dan taat pada ketentuan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Termasuk dalam penyelenggaraan pertandingan sepakbola Liga 1 yang rencananya akan dihadiri oleh penonton. Detail yang akan ditentukan dalam rencana tersebut, juga menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang terbaru,” ucap Iriawan.

Persipura Jayapura versus Persela Lamongan, menjadi pertandingan pembuka seri keempat Liga 1. Laga tersebut dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (6/1). (gi/om)